Sabtu, 31 Agustus 2013


Ada banyak pendekatan yang bias dilakukan dalam belajar Islam di Majlis Ta’lim yang bisa dikelompokkan menjadi ceramah dan Tanya jawab, diskusi, praktikum, kunjungan dll.
Pendekatan
a.    Umum
Ta’lim yang diikuti oleh seluruh kalangan jamaah dengan pembahasan materi yang bersifat umum. Biasanya kegiatan ini dihadiri dengan jamaah dalam jumlah yang relatif banyak
b.   Praktek Kajian
Pembahasan dengan paket-paket kajian tertentu lebih memungkinkan bagi jamaah meningkatakan pemahaman terhadap ajaran Islam secara lebih utuh dan detail, mislanya paket kajian pengantar memahami islam, aqidah, alkhlak, sejarah nabi, fiqh, tafsir, hadist, dll. 
c.    Paket Sama Waktu Berbeda
Jamaah Majlis Ta’lim bias jadi memiliki kesibukan dan aktivitas yang semakin beragam sehingga meskipun mereka berkeinginanbesar untuk mengikuti ta’lim belum tentu bias mengikutinya karena tiadanya kecocokan waktu penyelenggaraan dengan ketersediaan waktu bagi jamaah. Pengurus perlu mendata kesedaan waktu jamaah untuk mengikuti ta’lim lalu membuka pendaftaran untuk waktu yang dimaksudkan, caranya dengan meyediakan program waktu penyelenggaraannya.
d.   Paket Kebutuhan
Hal penting lainnya dalam mengelola ta’lim adalam pengurus majlis ta’lim memberikan keleluasan kepada jamaah untuk memilih paket-paket kajian Islam yang dikehendakinya sesuai dengan kebutuhan, misalnya ada jamaah menginginkan paket kajian tentang Shalat, Haji, dll.
e.    Kajian Kitab
Ta’lim bias juga dilakukan dengan pendekatan kajian kitab, yakni mengkaji kitab-kitab tertentu yang dibahas sehingga tuntas.
f.     Diskusi terbatas
Manakala terdapat jamaah majlis yang memiliki pemahaman yang lebih luas, senang mengkaji masalah-masalah keislaman dan memiliki jumlah minimal yang cukup, misalnya sepuluh orang, maka perlu diselenggarakan ta’lim dalam bentuk diskusi terbatas tentang masalah-masalah tertentu.  
g.    Pendekatan kelompok umur
Pengelompokan peserta juga bias didasarkan pada kelompok umur sehingga pengelompokkannya bias terdiri dari kelompok muda (usia 25-45) kelompok tua (usia 46-60) dan kelompok lanjut usia (60 tahun ke atas)

0 komentar:

Posting Komentar